Blog

Resep Cara Membuat Semur Jengkol

Informasi Resep Nusantara – Bumbu spesial untuk rebusan adalah kecap manis, yang kemudian dipadukan dengan berbagai bumbu dan ramuan lainnya, sehingga menghasilkan saus stew kental dan coklat tua. Dan dalam membuat Semur Jengkol sendiri, bumbu yang digunakan tidak jauh berbeda, dengan ramuan biasa.Bumbu spesial untuk rebusan adalah kecap manis, yang kemudian dipadukan dengan berbagai bumbu dan ramuan lainnya, sehingga menghasilkan saus stew kental dan coklat tua. Dan dalam membuat Semur Jengkol sendiri, bumbu yang digunakan tidak jauh berbeda, dengan ramuan biasa.

Rasa jengkol akan terasa lebih enak, saat Anda mengolahnya menjadi sajian semur. Tapi agar lebih lunak, sebelum diolah menjadi semur Jengkol melayani, jengkol perlu direbus terlebih dahulu. Dan proses mendidih jengkol, butuh sedikit waktu. Dengan menambahkan jambu biji saat mendidih jengkol, bisa membantu menghilangkan baunya.

Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat hidangan Semur Jengkol ini sendiri di rumah, silahkan ikuti resepnya dan bagaimana membuat Semur Jengkol praktis, dan sudah kami jelaskan di bawah ini. Mungkin proses pembuatannya cukup mudah, tapi Semur Jengkol yang Anda buat ini, harus memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sangat enak, apalagi aroma hidangan Semur Jengkol juga bisa diminimalisir.


                                                       Inilah Cara Membuat Semur Jengkol Praktis

Bahan Pembuatan Semur Jengkol:

– 500 gram Jengkol

– 1 tangkai sereh yang telah terkontaminasi

– Lengkuas 3 cm sudah terkontaminasi

– 2 buah Daun Jeruk

– 1 lembar daun salam

– 3 biji cengkeh

– 1/2 sendok teh bubuk Pala

– 1/2 sdt bubuk Lada

– 1/2 sendok teh bubuk kaldu

– 1/2 sendok teh garam

– 7 sdm kecap manis

– 350 ml Air untuk sup

– Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan Bumbu Halus Untuk Membuat Semur Jengkol:

– 5 butir kemiri

– 8 siung bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 6 biji cabai besar

Bahan Untuk Merebus Jengkol:

– Air secukupnya

– 16 lembar daun jambu biji

Cara Membuat Semur Jengkol:

– Kupas kulit jengkol lalu bersihkan dengan bersih.

– Setelah itu, rebus jengkol yang telah dikupas dan dicuci tadi, dengan menggunkana cukup air dengan 8 lembar daun jambu biji, selama kurang lebih 60 menit lamanya.

– Keluarkan air jambu mete dan rebus dulu, lalu ganti dengan air dan 8 lembar daun jambu segar, lalu rebus kembali selama 60 menit sampai jengkol benar-benar empuk.

– Angkat dan tiriskan jengkol.- Setelah jengkol dingin, jepol-geprek tapi belum tentu terlalu kuat, agar bumbu bisa meresap sempurna.

– Panaskan sedikit minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, cengkeh, lengkuas, dan serai, hingga harum aroma wangi.

– Lalu masuk air dan jengkolnya, jangan lupa untuk mengocok goyang hinghga secara merata. Setelah direbus, tambahkan garam, pala, lada, kaldu bubuk, dan kecap manis, lalu aduk hingga tercampur rata.

– Masak sampai kuahnya mengental dan sedikit surut, jangan lupa aduk sesekali untuk matang secara merata.- Setelah jengkol matang merata, angkat Semur Jengkol dari wajan, lalu tuangkan di wadahnya.

– Semur Jengkol sudah siap di sajikan.

Share

Posts by 

No Comments Leave a comment  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter your keyword: