Warning: include_once(/home/wadrian3/public_html/inforesep.net/wp-content/themes/publishable-mag/pa_antiadblock.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/wadrian3/public_html/inforesep.net/wp-content/themes/publishable-mag/header.php on line 21

Warning: include_once(): Failed opening '/home/wadrian3/public_html/inforesep.net/wp-content/themes/publishable-mag/pa_antiadblock.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/wadrian3/public_html/inforesep.net/wp-content/themes/publishable-mag/header.php on line 21

Resep Membuat Kue Awug-Awug Khas Kota Bandung

Informasi Resep Nusantara – Awug awug merupakan nama kue yang berasal dari daerah sunda atau Jawa Barat. Kue ini termasuk juga ke dalam tipe kue tradisional & merupakan warisan kuliner turun temurun yang telah sejak mulai dikenal oleh bermacam kalangan penduduk dari luar sunda. Kue tradisional awug ini dibuat dari komposisi tepung beras yang sudah dikukus setengah matang seterusnya dikukus kembali dengan bersama kelapa parut, daun pandan & gula merah. Pengukusan terhadap awug ini sedikit tidak sama dengan pengukusan kue basah terhadap umunya di mana awug ini memanfaatkan media atau perabot dapur yang disebut dengan seeng ialah panci dgn bentuk panjang dgn bentuk lebar kepada bidang bawah & mulut panci, juga memanfaatkan anyaman kulit bambu berbentuk kerucut yang dinamakan dgn aseupan. Penyajian kue tradisional awug ini mampu kamu perhatikan dalam resep penganan tradisional kue awug manis berikut ini.

Bahan-bahan untuk membuat kue awug-awug

  • Tepung beras (kukus setengah matang) sejumlah 1.5 kg
  • Gula merah disisir halus banyaknya 500 gram
  • Kelapa parut jumlahnya 1 butir
  • Air garam jumlahnya 500 ml
  • Daun pandan banyaknya 2 lbr
  • garam halus banyaknya 2 sdt

Cara Membuat Penganan Tradisional Kue Awug Awug Tepung Beras Gula Merah

  1. Siapkan perabotan yang bakal difungsikan utk mengukus bahan awug lantaran awug kue tradisional ini dibuat secara dikukus. Perabotan tersebut merupakan panci panjang atau pula dikenal bersama nama seeng & anyaman kulit bambu wujud kerucut (aseupan).
  2. Nyalakan api kompor & panaskan seeng. Setelah Itu letakkan aseupan pada bidang bibir seeng dengan menyiramkan air secukupnya ke dalam bibir seeng yg telah tertutup aseupan tersebut. biarkan air dalam seeng tersebut mendidih.
  3. Sementara itu bahan awug berupa tepung beras & kelapa parut ( ½ dari takaran) dimasukkan ke dalam aseupan dalam seeng tadi. Dulu siram tepung beras & kelapa parut bersama air garam secukupnya. Aduk hingga tercampur rata, lembab & membentuk gumpalan kecil. selanjutnya letakkan daun pada pada sektor tepi aseupan.
  4. Kemudian sisir halus gula merah & campurkan pada campuran bahan awug yg sudah ada dalam kukusan (umumnya terhadap bidang tengah awug). Selanjutnya tutup dgn menciptakan lapisan baru dari tepung yang tetap tersisa hingga aseupan terisi penuh. Tutup seeng & tunggu hingga awug matang.
  5. Sementara menunggu pengukusan awug selesai, siapkan wadah dengan alas daun pisang dulu angkat awug yang telah dikukus matang & tumpahkan terhadap wadah bersama alas daun pisang.

Nah, demikianlah ulasan singkat berkaitan resep membuat kue awug awug yang mampu kami informasikan pada kamu. Apabila kamu gemar dengan resep kue awug awug tersebut silahkan bisa di coba dan selamat menikmati awug-awug buatan anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *